Perbandingan Backlink Manual VS Backlink Otomatis

Kali ini saya ingin menuliskan mengenai perbandingan antara backlink manual dan juga backlink otomatis. Artikel ini hanyalah pendapat pribadi dari pengalaman saya selama ini, baik dalam mengikuti kontes seo, mengelola web sendiri ataupun dalam mengoptimasi web klien.

Perbandingan Backlink Manual VS Backlink Otomatis

Jadi apa yang saya tuliskan disini bisa saja berbeda dengan pengalaman anda, jadi saya mengharapkan ada timbal balik dalam tulisan ini melalui kolom komentar dibawah. Kita bisa sharing mengenai hal tersebut untuk mencari cara agar bisa menempati posisi pertama di google, jadi mari kita mulai.

Backlink Manual VS Backlink Otomatis


Sebelum kita membandingkannya, maka mari kita bahas dulu satu persatu.

Backlink Otomatis


Backlink Otomatis yang saya maksud disini adalah pemasangan link secara otomatis dengan menggunakan tools. Jadi kamu bisa mendapatkan hingga ribuan backlink dalam satu kali klik saja. Namun biasanya kualitas dari semua backlink tidak dijamin aman buat web, oleh karena itu kamu juga harus jeli dalam memilih tools bl otomatis.

Backlink Manual


Backlink Manual adalah link menuju web kita yang dipasang secara manual, sehingga kita bisa memilih tempat backlink yang bagus atau berkualitas. Baik itu dengan menggunakan PBN (Private Blog Network) atau web lain yang bisa dipasangi backlink, baik itu dalam bentuk artikel, link profile ataupun yang lainnya.

Dalam backlink manual, kamu juga bisa membayar orang lain untuk memasang backlink di blog mereka dengan membayar jasa content placementnya.

Perbandingan Backlink Manual dan Otomatis


Setelah memahami sedikit mengenai BL otomatis ataupun manual, maka sekarang mari kita coba membandingkannya.

Backlink Manual
Backlink Otomatis
1.


2.


3.



4.
Kamu bisa memilih Backlink yang berkualitas.

Pemasangan backlink bisa ribet dan lama, tergantung dari webnya.

Bisa melakukan backlink di web se niche, sehingga lebih berpotensi dapat klik untuk backlink dalam bentuk artikel.
Hasil biasanya bisa dilihat dalam kurun waktu 3 bulan, namun bisa lebih cepat juga.
1.


2.



3.


4.

Backlink sudah otomatis ada dalam daftar, sehingga kualitas tidak terjamin semua.
Pemasangan backlink sangat cepat karena kamu hanya tinggal menuliskan url dan keyword yang dituju.
Backlink tertanam di sembarang web yang bisa otomatis masuk backlinknya.
Hasil bisa lebih cepat naik, namun kadang cepat juga turunnya.


Kesimpulan:


Dari berbagai perbandingan diatas, maka kita bisa lihat bahwa tiap-tiap backlink memiliki keunggulannya masing-masing. Namun untuk membuat blog kamu tetap aman, maka saya sarankan untuk melakukan backlink manual saja.

Namun ingat, backlink manual pun belum tentu menjamin aman dan bisa menempati posisi bagus, jika kamu sembarangan dalam pemilihan backlink.

Kamu juga harus memperbaiki kualitas konten dll kamu, karena seberapa pun bagusnya backlink kamu jika seo on page bermasalah, maka tetap saja akan sulit untuk bisa naik keposisi atas.

Cukup sekian dulu artikel ini, nanti dilanjut kalau sudah ingat. Soalnya sekarang lagi banyak fikiran jadi gak bisa nulis banyak. Saya tunggu komennya dibawah untuk di diskusikan bersama.

Komentar