Tips Berbelanja di E-Commerce dan Toko Online Tanpa Menyesal

Sekarang ini sudah ada begitu banyak situs E-Commerce yang berserakan diluar sana, udah kayak sempak aja. Hal ini karena memang permintaan dari calon pembeli sangat tinggi. Bagaimana tidak, sekarang masyarakat sudah malas keluar karena dimanjakan dengan sistem pembelian online.

Saya pun akan lebih memilih mencari baju di zalora ataupun yang murah-murah di bukalapak dan tokopedia dibanding harus ribet-ribet ke mall atau bahkan berpanas-panasan di pasar tradisional.

Tips Berbelanja di E-Commerce dan Toko Online Tanpa Menyesal


Emang pada dasarnya manusia maunya yang praktis, lah daripada ribet keluar mending biayanya buat ongkir aja. Apalagi kalau nemenin cewek jalan, harus keliling mall 7 kali baru beli satu barang atau bahkan tidak beli sama sekali. Mending instalin aplikasi toko online di hpnya, suruh mereka milih dirumah, praktis kan?

Jadi untuk kamu yang ingin belanja online, berikut ini saya ingin membagikan tips berbelanja di E-Commerce atau toko online manapun itu. Tulisan ini bukan hanya untuk pemula, namun juga yang telah biasa berbelanja di toko online.

Tips Berbelanja di E-Commerce / Toko Online


1. Jangan terlalu buru-buru belanja jika memang tidak perlu

Tips pertama ini adalah hal yang harus kamu fikirkan sebelum mulai berbelanja barang. Karena kadang kita melihat barang-barang bagus yang sebenarnya tidak dibutuhkan, eh malah kebablasan belinya, padahal masih banyak keperluan lain yang perlu lebih diutamakan.

Oleh karena itu, sebelum kamu membeli sesuatu, pastikan dulu kalau kamu memang benar-benar membutuhkannya. Tidak sekedar tertarik dengan rupa dan bentuk barang tersebut.

Pastikan juga kamu masih memiliki sisa uang untuk keperluan sehari-hari sebelum membeli sesuatu di toko online.

2. Pilihlah toko online atau agen penjualan yang benar-benar kredibel

Jika kamu berbelanja di E-Commerce semacam lazada, bukalapak dan lainnya maka pilihlah agen penjualan yang sudah terpercaya atau memiliki bintang dan review yang baik, terutama untuk produk yang sedang kamu incar.

Sedangkan jika kamu berbelanja di toko online maka pastikanlah yang sudah dikenal namanya. Atau kalau kamu tetap ngotot ingin berbelanja di toko online yang belum dikenal, maka kamu bisa meminta toko online tersebut untuk menyediakan produk mereka di E-Commerce seperti bukalapak dan tokopedia. Biasanya penjual akan dengan senang hati untuk melakukan hal tersebut, hitung-hitung untuk memperkenalkan web mereka terlebih dahulu dengan cara menjual juga di E-Commerce besar.

3. Sebelum membeli, carilah harga termurah

Jangan sampai kamu menyesal pada saat habis membeli sesuatu malah ketemu yang lebih murah lagi. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan pencarian terlebih dahulu. Karena bahkan jika kamu berbelanja di situs E-Commerce yang sama maka akan didapatkan berbagai varian harga.

Dulu saya sering mengalami hal tersebut, pada saat selesai membeli sesuatu malah muncul iklan di facebook dari situs E-Commerce yang sama untuk produk yang sama dengan harga yang jauh lebih murah.

4. Carilah produk dengan feedback yang baik

Jika kamu berbelanja di situs E-Commerce, maka pastikan produk tersebut memiliki feedback yang baik, atau dengan kata lain, memiliki review yang baik. Apalagi jika produk tersebut belum kamu kenal sama sekali.

Akan lebih baiknya lagi jika kamu mencari produk yang asli maka carilah toko online yang khusus menjual barang-barang tersebut saja. Misalnya saja jika kamu ingin membeli pakaian maka bisa beli di Zalora yang sudah terjamin ori.

5. Hati-hati penipuan

Meskipun kamu sudah berbelanja di E-Commerce yang terpercaya, namun masih ada saja beberapa orang yang mencari celah untuk melakukan penipuan. Misalnya saja dengan menyuruh melanjutkan percakapan lewat whatsapp pada saat bertanya mengenai produknya di chat e-Commercenya.

Kemudian mereka akan menyuruh untuk melakukan transfer langsung ke rekening mereka tanpa perantaraan rekber lagi, dengan iming-iming cashback atau bonus yang lebih besar.

Jadi pastikan untuk melakukan pembelian langsung di e-Commerce agar bisa menikmati fitur rekber, sehingga jika pembeli tidak mengirim barang atau produknya tidak sesuai dengan deskripsi maka uang anda bisa kembali.

6. Pastikan untuk memeriksa langsung barangnya pada saat sampai di rumah

Pada saat barang yang kamu pesan sampai di rumah, maka pastikan dulu barangnya sesuai dengan pesanan sebelum kurirnya pergi. Karena di beberapa E-Commerce, kamu bisa langsung mengembalikan barang tersebut pada kurir untuk dikirim kembali jika memang tidak sesuai.

Jadi barangnya bisa ditukar jika memang ada minus atau bisa juga mengembalikan uangnya 100%. Tapi pastikan kurir bisa jadi saksi atau langsung di videokan pada saat membuka paketannya.

Jika masih ada hal yang kurang dimengerti ataupun ingin ditanyakan mengenai Tips Berbelanja di E-Commerce dan Toko Online Tanpa Menyesal, silahkan berkomentar dibawah. Atau bisa juga berbagi pengalaman pada saat berbelanja di toko online manapun.

Komentar